Rabu, 4 Maret 2020 Dyan Fitri Nugraha, M.Si., Apt bersama dengan mahasiswa Farmasi Universitas Sari Mulia lintas angkatan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan sasaran Siswa Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin.

Adapun materi yang diberikan adalah Edukasi Konsumsi Antibiotik yang Tepat, dengan terlebih dahulu dilakukan wawancara sederhana terkait pengetahuan antubiotik dari para siswa. Minimnya pengetahuan akan antibiotik dan tingginya angka konsumsi antibiotik tidak tepat indikasi menjadi landasan utama dilaksanakannya kegiatan ini.

Mengutip dari laman kementrian kesehatan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar ekonomi terkemuka Jim O’Neill, yang mengkaji dampak-dampak ekonomi di seputar persoalan AMR (Antimicrobial Resistance), diperkirakan bahwa terdapat 700.000 kematian setiap tahun akibat AMR. Kegagalan dalam menangani AMR akanmenyebabkan 10 juta kematian setiap tahun dan diperkirakan menghabiskan biaya hingga US$ 100 triliun pada tahun 2050. Data ini semakin menguatkan pentingnya dilaksanakan edukasi terkait antibiotik di masyarakat.

Postest dilaksanakan pada akhir kegiartan sebagai parameter evaluasi dan penentu keberlanjutan program pengabdian kepada masyarakat, sebagai bentuk tridharma perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *