Program Gerakan Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) adalah sebuah upaya agar masyarakat memiliki pengetahuan penting terkait penggunaan obat yang melibatkan aparat pemerintah terkait, tenaga medis yaitu Apoteker, dan masyarakat. Program Gema Cermat semakin digalakkan melalui berbagai penyuluhan baik di desa maupun di kota.

Setiap orang memang perlu mengetahui informasi penting yang ada di dalam Gema Cermat. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang menggunakan obat dan bila terdapat kesalahan dalam menggunakan obat bisa mengalami efek samping yang fatal.

Kegiatan ini hasil dari kolaborasi Pemerintah yang diwakili oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin sebagai inisiasi program bekerja sama dengan Jurusan Farmasi, Fakultas Kesehatan, UNISM sebagai fasilitator, pemberi materi pada kegiatan ini adalah dosen di Jurusan Farmasi, yaitu Ibu Dra. Hj. Apt. Darini Kurniawati, Sp.FRS dan Bapak Apt. Noval, M.Farm. Tidak lupa juga dibantu oleh tim mahasiswa yang turut andil sebagai calon-calon Apoteker di masa depan.

Prioritas program ditujukan pada sekolah-sekolah adiwiyata, salah satunya adalah SMA N 7 Banjarmasin. Acara sendiri langsung dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 7 Banjarmasin dan perwakilan fasilitator, yaitu dosen dari Jurusan Farmasi, UNISM.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan pemahaman masyarakat bahwa menggunakan obat secara benar adalah hal yang sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *