Telah diselenggarakan Kuliah Pakar Program Studi Sarjana Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia pada tanggal 3 Mei 2023. Kuliah pakar diselenggarakan secara daring via Zoom meeting dengan judul “Aplikasi Instrumen Dalam Penelitian Kimia Bahan Alam”. Kuliah pakar ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor 1 dan Dekan Fakultas Kesehatan beserta jajarannya untuk membuka acara tersebut. Kuliah pakar kali ini mengundang 2 narasumber yaitu Ibu Dr. rer. nat. apt. Ratih, M. Farm selaku Dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya. Serta narasumber berikutnya yaitu Bapak apt. Rahmadani, M. Farm. selaku Dosen dari Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Sari Mulia, Banjarmasin.

Dalam materi beliau, Ibu Ratih menyampaikan bahwa pemilihan instrumen sangat penting dalam penelitian yang akan dilakukan. Kemudian tidak lupa pula berasaskan tujuan dari penelitian apa yang diangkat sehingga dapat menyajikan hasil penelitian yang bermanfaat bagi diri sendiri, kerabat serta masyarakat luas.

 

Kemudian dalam penyampaian narasumber ke-2, yaitu Bapak Rahmadani menyampaikan sebagian kecil yang sudah disampaikan oleh narasumber pertama. Beliau menyampaikan aplikasi teknis dalam menggunakan instrumen KCKT (Kromatografi Cari Kinerja Tinggi). Berhubung instrumen KCKT yang digunakan, makan beliau menyimpulkan hal yang penting dalam KCKT adalah harus memperhatikan fase gerak yang digunakan serta preparasi instrumen KCKT sebelum dilakukan analisis sampel.

 

(admin-03/05/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *