Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Salep Tanaman Kalangkala untuk Mengatasi Kutu Air

Mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Sari Mulia bersama dosen yaitu apt. Rohama, MM; apt. Noval, M.Farm; dan Faisal Rahman, M.Pd memberikan edukasi dan pelatihan pembuatan salep menggunakan bahan alam yaitu daun kalangkala kepada masyarakat desa Gudang hirang RT.02 Sungai Tabuk Kab. Banjar bertempat di Masjid Al Hidayah Gudang Hirang.

Pengabdian ini adalah hilirisasi dari hasil penelitian dosen sebagai bagian kegiatan tridharma perguruan tinggi, pelibatan mahasiswa bermaksud untuk mengaplikasikan hasil dari pembelajaran yang telah diperoleh pada bangku kuliah sehingga mahasiswa mendapat pengalaman langsung di masyarakat.

Seperti diketahui dua tahun yang lalu Kabupaten Banjar menjadi salah satu dari 4 kabupaten yang terdampak musibah banjir paling parah hingga lebih dari 3 minggu. Banyak dampak yang masyarakat rasakan salah satu nya adalah dampak Kesehatan seperti kutu air. Salah satu penyebab kutu air karena kulit terlalu sering bersentuhan dengan air. Dilakukan edukasi penggunaan bahan tanaman yang mudah didapatkan oleh masyarakat yaitu daun kalangkala, dimana daun kalangkala terbukti memiliki manfaat sebagai antibakteri.

Selain edukasi masyarakat juga diberikan pelatihan cara membuat salep untuk mengobati kutu air menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah diperoleh. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat melakukan pengobatan kutu air sendiri menggunakan bahan yang tersedia di sekitar.

(Rohama, dkk. 2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *