Telah dilaksanakan kegiatan Workshop dengan tema “Peningkatan Skill Mahasiswa dalam Penggunaan Instrumen Analisis Kimia yang berfokus pada instrumen High Performance Liquid Chromatography (HPLC) pada tanggal 29 Februari 2020 di Universitas Sari Mulia.

Tujuan dilaksanakannya untuk meningkatkan skill mahasiswa dalam penggunaan dan analisis hasil instrumen HPLC. Karena setiap mahasiswa farmasi wajib tahu dan mampu mengoperasikan HPLC sebagai dasar analisis yang sering digunakan dalam industri farmasi ataupun instansi pemerintah. HPLC merupakan bagian yang penting dalam proses drug discovery, drug development dan analisis obat dan makanan.

HPLC memiliki daya selektivitas yang tinggi yaitu mampu memisahkan komponen senyawa dalam campuran dengan baik, memiliki sensitivitas tinggi, proses analisis yang cepat dan dapat dioperasikan secara otomatis.

Narasumber pertama yang dihadirkan adalah dosen di Jurusan Farmasi UNISM yaitu Ibu Tuti Alawiyah, S.Farm, MM., Apt dari Departemen Kimia Farmasi dan Narasumber kedua dari Balai Besar POM Banjarmasin.

Pertama-tama mahasiswa diberikan materi tentang instrumen, cara analisis dan pembacaan hasil dari HPLC, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pengoperasian secara langsung di Laboratorium Teknologi Farmasi, Jurusan Farmasi, UNISM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *