Kunjungan industri adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Sari Mulia. Industri yang yang dituju adalah industri farmasi atau perusahaan farmasi yang akan memberikan gambaran mengenai suatu pekerjaan di berbagai macam bidang farmasi. Sehingga mahasiswa-mahasiswi mempunyai gambaran terhadap apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja dalam bidang industri/perusahaan farmasi. Kunjungan Industri termasuk dalam bagian perkuliahan industri farmasi. Dimana total jumlah pertemuan pembelajaran adalah 14x pertemuan untuk mata kuliah industri farmasi. 10x pertemuan dilakukan pembelajaran di kelas, sedangkan 4x pertemuannya melakukan kunjungan industri.

Kunjungan industri ini sebagai penunjang atas ilmu yang didapatkan selama perkuliahan, melakukan obesrvasi, melihat langsung berbagai kegiatan industry dalam proses pembuatan obat-obatan dan berbagai inovasi lainnya yang telah dilakukan industri farmasi untuk memenuhi kebutuhan obat masyarakat Indonesia. Sehingga dapat menambah pengalaman mahasiswa tentang dunia kerja dan mampu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam mengembangkan produk farmasi yang memiliki nilai jual di masyarakat. Kunjungan industri ini dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang industry dan tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja. Karena salah satu kompetensi mereka untuk lulus adalah mampu bekerja di industri farmasi.

Kegiatan kunjungan industri farmasi ini dilaksanakan bertujuan:

  1. Bentuk integrasi ke dalam mata kuliah Farmasi Industri.
  2. Memberikan pembelajaran yang nyata kepada mahasiswa tentang pekerjaan kefarmasian di industri farmasi.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang pelaksanaan proses pembuatan suatu produk serta tanggung jawab di industri farmasi.
  4. Memberikan demonstrasi kepada mahasiswa tentang penggunaan peralatan teknologi farmasi dalam pembuatan sediaan.

Mahasiswa akan mendapatkan kuliah umum dengan metode ceramah dari perwakilan Apoteker industri farmasi tentang pekerjaan kefarmasian di industri farmasi, peran dan tanggung jawab. Kemudian menjelaskan tentang profil perusahaan, produk yang dibuat, peralatan yang digunakan, sistem yang diterapkan hingga jangkauan pasar dari industri farmasi tersebut.

Mahasiswa akan dibawa berkeliling di dalam industri farmasi untuk melihat dan memperhatikan proses pembuatan suatu produk farmasi dari hulu hingga ke hilir atau dari semua tahapan sehingga menjadi sebuah produk yang bernilai.

Mahasiswa akan didemonstrasikan bagaimana proses penggunaan peralatan di industri farmasi dalam pembuatan suatu sediaan farmasi.

Setelah melakukan kunjungan ke beberapa industri farmasi, terakhir mahasiswa akan dibawa kunjungan ke rumah sakit yang bertaraf internasional dan juga kunjungan ke tempat wisata.

Waktu kegiatan kunjungan industri farmasi ini dilaksanakan selama 6 hari yaitu, pada tanggal 19 – 23 Februari 2024. Tempat industri farmasi yang dikunjungi adalah daerah Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta, yang meliputi : PT. Galenium Pharmasia, PT. Ajinomoto Indonesia, BIOFARMA Bandung dan LAPI AD Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *