Pada tanggal 14 Desember 2022, telah dilaksanakan kegiatan Visitasi lapangan dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) mengenai kesiapan pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker.

Bertindak sebagai Evaluator dari APTFI adalah Bapak apt. Azis Saifudin, Ph.D dan dihadiri pula calon dosen PSPPA dan calon preseptor dari Rumah Sakit, PBF, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Apotek dan Industri Farmasi. Sambutan acara diisi oleh Rektor Universitas Sari Mulia, Evaluator APTFI dan salah satu Calon Preseptor.

Dalam pidatonya Pak Azis menyampaikan bahwa pendiria PSPPA di UNISM merupakan langkah awal yang bagus dalam pendidikan lanjut bagi lulusan sarjana farmasi di Kalimantan. Mengingat PSPPA di pulau Kalimantan yang masih terbilang minim. Selain itu, di dalam pidatonya, Pak Azis menyampaikan bahwa tetap menjujung tinggi kualitas lulusan yang berkarakter dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional dan siap menjalani dunia kerja sebagai seorang Apoteker.

Tentu hal ini didukung penuh juga oleh calon preseptor, salah satunya Bapak apt. H. Ronny mengatakan di dalam pidato beliau, bahwa beliau sangat terbantu sekali dengan adanya penambahan institusi pendidikan apoteker di pulau kalimantan. Mengingat jumlah apoteker yang masih terbilang minim juga di Banjarmasin, khususnya di sektor pemerintahan seperti Puskesmas.

Agenda visitasi lapangan ini diawali dengan presentasi borang oleh Dekan Fakultas Kesehatan UNISM dan Calon Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker. Setelah itu dilakukan berbagai macam diskusi oleh evaluator guna memperbaiki segala substansinya dalam proses pendirian PSPPA di UNISM.

Selanjutnya, dilaksanakan juga kunjungan terhadap sarana dan prasarana yang menunjang pendirian PSPPA, yakni terdapatnya Lab. OSCE, Lab. CBT, Lab. Mikrobiologi, Lab. Farmakologi, Lab. Kimia, dan Lab. Teknologi, apotek pendidikan, apotek simulasi, serta instrumen-instrumen yang digunakan dalam laboratorium di kawasan Universitas Sari Mulia

Kegiatan berlangsung lancar dari awal sampai akhir. Semoga PSPPA segera berdiri di Universitas Sari Mulia Banjarmasin.

(Rahmadani, 15 Desember 2022)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *